28 January 2018

Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Makan Sayur dan Buah






judul di atas sebenarnya paling pas untuk anak saya sendiri Kaff. Dia paling susah kalau ditawarin makan sayur dan buah. Belum lagi makan rutinnya juga ogah-ogahan. Nggak heran kalau badannya kurus kering dan kalau sakit lama nggak sembuh-sembuh. Setiap periksa dokter pasti bilang makannya ditambah dan sayur buahnya juga ditambah.

Harap disadari bahwa sayur dan buah memang sangat penting bagi anak-anak. Sayur dan buah bisa membuat pencernaan menjadi lebih baik. kandungan seratnya juga bisa bikin BAB lancar. Belum lagi berbagai vitamin yang ada di dalamnya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
Selebihnya tentang manfaat  bisa baca disini

Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba agar anak doyan makan sayur dan buah.

1. Jangan Terlalu Memaksa
Ini memang sering dilakukan orang tua terutama ibu-ibu (??). Mereka saking semangatnya berkata: Ayo Dek pakai sayur ya. Sayur banyak gizinya lho. Hayo sayurnya dimakan biar tambah sehat.Adek kok nggak mau makan sayur tu kenapa? Ayo dimakan biar tambah sehat. Dan lain-lain.
Kalau anda mencermati kalimat-kalimat itu bukanlah anjuran atau penyadaran pada anak agar mau makan sayur dan buah. Kalimat-kalimat itu adalah  kalimat paksaan yang tentu saja membuat anak semakin enggan menuruti?
Terus gimana agar anak menurut? Cara yang kita pakai di sini sebenarnya lebih tepat dikatakan sebagai trik atau "penggiringan" yang tidak disadari anak. Misalnya awalnya di piring tidak usah diberi sayuran dulu, cukup kuahnya saja. Kandungan zat-zat bermanfaat dalam kuah kira-kira sama dengan makan sayurnya. Bilang saja nasinya agak keras makanya diberi kuah biar jadi lunak. Atau saat makan sore ajak keluar berkumpul dengan teman-teman sebayanya. Kalau ada anak lain ( Intan misalnya) doyan banget makan sayur, anda bisa berkata: Ini lho Dek Intan cantik banget. Kalau ada sayur pasti dimakan semua, dsb. Dengan cara ini diharapkan anak anda akan terpengaruh dan ikut-ikutan memakannya.

2. Buat Menjadi Olahan Makanan yang Lain
Seperti sifat anak-anak yang lebih menyukai gambar daripada tulisan maka anak-anak juga lebih menyukai makanan yang dikreasi menjadi bentuk, warna atau cara penyajian yang berbeda. Untuk buah misalnya anda bisa mengiris apel. pir, semangka dan mangga lalu tusuklah sehingga menjadi sate buah. Coba aja, umumnya paling tidak anak akan masih tertarik sampai tiga kali.
Untuk sayur anda bisa menggorengnya. Rempeyek daun bayam sudah sangat terkenal disukai anak-anak dan gampang membuatnya.  
Untuk info lebih lengkap mengenai berbagai macam resep ini anda bisa klik disini

Silahkan Baca juga: Anak Suka Berkata Kasar